03 November 2015

Cara Memperkecil Ukuran Video HD tanpa mengurangi kualitasnya

Kalo anda sering bermain-main dengan editan video dengan kualitas HD (720P / 1080P), bisa dipastikan jika ukuran file video tersebut berukuran besar. Kalo filenya se-gede gaban pasti repot kan kalo mau di upload ke youtube. 

Setelah sekian lama saya mengenal dan mencoba beberapa converter video resolusi HD, saya merasa cocok sekali dengan video converter Cyko + Handbrake CLI.  Selain penggunaannya sangat user friendly, kualitas konversi paling OK dan tanpa mengurangi sisi kualitas dari videonya. Untuk converter video yang lain malah terkadang malah harus merubah kualitas HD nya. Sayang kan bro udah di render pake HD ehhh di convert malah ga jadi HD lagi. 

Oke, langsung aja ya, Silahkan anda download dulu software Cyko + Handbrake CLI, untuk sowftaeranya downloadnya KLIK DISINI. Ukurannya sudah diperkecil jadi 5MB dalam bentuk rar (tinggal di ekstrak aja ya), software yang terbilang sangat ringan untuk sebuah converter video yang keren begini. 

Untuk penggunaan sotfware ini caranya mudah dan tidak memerlukan proses instalasi yang ribet. Silahkan buka dulu Handbrake CLI, setelah itu buka juga file Cyko. Akan muncul tampilan seperti berikut. 



Langkah pertama klik 'Add Source Files' untuk memasukan file video yang ingin di convert. Sebagai contoh saya memasukan file video MP4 dengan format HD 720P ukuran 117 MB. 

Langkah kedua klik "Output Location' untuk menentukan lokasi penyimpanan file hasil convert. 

Langkah ketiga klik 'Option', kemudian untuk pengaturan settingnya sebagai berikut (seperti pada gambar dibawah): 


Pada menu 'Rate Control' pilih 'Target Quality', pada menu 'Value' isi saja 26, pada menu 'Height (Pixel)'' karena format video yang akan saya convert memiliki resolusi 720P maka saya mengisinya dengan 720 anda bisa mengisinya dengan 1080 jika resolusi video anda 1080P atau dengan kualitas non HD 480 untuk resolusi video 480P jika resolusi video anda bukan HD. Pada menu "Audio Bitrate' isi saja dengan angka 50. Setelah itu klik 'Scan Audio Tracks Count Then Put Parameters To Outputs'. 

Langkah akhir klik 'Encode' untuk mulai meng-convert video, tinggal menunggu proses encoding selesai. 

Ukuran video yang belum di convert tadinya 117MB, setelah di convert menjadi 19MB dan gokilnya lagi hasil videonya betul-betul mendekati file aslinya. Berikut ini hasil video yang sudah di convert menggunakan converter Cyko + Handbrake CLI. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat..

Instagram Aris Item