23 February 2018

8 pertanyaan tentang kecerdasan financial

Ini ceritanya saya lagi belajar melek finansial (mengatur keuangan yang baik). Kalau anda juga sedang belajar mengenai bagaimana mengatur keuangan yang baik, siapa tahu 8 pertanyaan berikut ini bikin kita mikir lebih keras mengenai sudah benarkah kita dalam mengelola keuangan pribadi.

Berikut ini 8 pertanyaan tentang kecerdasan financial yang perlu anda simak.

1. Sudahkah anda membayar zakat atau pajak?
2. Sudahkah anda menabung secara rutin minimal 10%, 20% atau 30% dari penghasilan setiap bulan?
3. Sudahkah saya memiliki perencanaan dan prioritas pengeluaran keuangan di rumah?
4. Sudahkah saya memiliki tabungan atau simpanan darurat sebesar 3x atau 12x pengeluaran bulanan?
5. Sudahkah saya bebas dari pinjaman atau paling tidak membatasi jumlah pinjaman (jika ada), sehingga total tagihan yang harus dibayar tidak lebih dari 1/3 dari pengeluaran bulanan? 
6. Sudahkah saya memiliki nilai kekayaan bersih yang positif?
7. Sudahkah saya mempersiapan dana masa depan, dana pendidikan anak-anak, perjalanan ibadah dan masa pensiun?
8. Sudahkah saya merencanakan dan mengalokasikan dana untuk berbagi, kegiatan sosial dan dana wakaf?

Jika rata-rata jawaban pertanyaan di atas 'Belum', ayo kita belajar lagi bagaimana mengelola keuangan pribadi dengan baik. Terima kasih telah berkunjung di blog saya.


No comments:

Post a Comment

Instagram Aris Item