07 February 2018

Cara Paling Mudah Membuat Website Untuk Pemula Part 2

Tulisan ini sambungan dari tulisan sebelumnya yaitu Cara Paling Mudah Membuat Website Untuk Pemula. 

Selain 2 platform blogger dan wordpress, masih banyak platform website lainnya seperti Drupal, Joomla, Opencart ataupun membuat kode sendiri dalam framework. Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan cara mudah membuat website dengan menggunakan platform Blogger (blogspot).

Cara Membuat Website Mudah dengan Platform Blogger 

Blogger merupakan salah satu platform pembuatan website yang paling mudah digunakan dan sangat powerfull untuk membuat berbagai macam website seperti personal website, website bisnis, company profile maupun website lainnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.



Sebelum menjelaskan mengenai cara pembuatannya, saya akan berikan alasan keuntungan menggunakan platform blogger dalam membuat website :

1. Blogspot merupakan Platform gratis yang dimiliki oleh google yang sudah tidak di ragukan lagi keberadaannya.
2. Lebih mudah digunakan dibanding platform lainnya.
3. Google merupakan nama paling populer di internet, semua pengguna internet selalu menjadikan google sebagai sarana searching apapun di internet. Karena blogspot  di miliki oleh google, jadi mudah terindex di google (SEO Friendly).
4. Tanpa perlu biaya untuk membeli hosting, karena menggunakan hosting dari google yang unlimited.
5. Keamanan sudah pasti terjamin, anti hacking.
6. Mudah terintegrasi dengan produk google lainnya misalnya fasilitas email Gmail, Google Plus, Google Bisnis, Google Drive, Google Adense, Google Ads dan fitur google lainnya.
7. Platform Blogspot Anti Error. Jika anda menggunakan self hosting, hal yang paling di khawatirkan terjadi adalah server turun, sibuk atau masalah lain yang di sebabkan dari host server error.
8. Ketersediaan template blogger ada yang saat ini makin berkembang dan tidak kalah dengan platform lain.
9. Kecepatan koneksi yang stabil dan Fast Loading
10.Mudah untuk di custom domain ke domain premium misalnya dot.com, dot.net, dot.org dan domain lainnya. Jadi domain yang digunakan bukan domain blogspot.com lagi tapi sudah menggunakan domain premium.
11. Untuk anda para pebisnis toko online, saat ini mulai banyak bermunculan para pengembang template toko online berbasis blogger yang sudah menyediakan fitur ongkos kirim otomatis.
12. Customisasi Template yang mudah di gunakan. Apalagi jika anda memiliki pemahaman tentang coding. Bahkan jika anda paham lebih jauh, anda bisa mengkreasikan desain template website yang unik.

Tapi perlu di ketahui juga bahwa platform blogspot memiliki  keterbatasan sehingga untuk membuat website seperti forum, marketplace atau website toko online besar seperti lazada atau blibli tentu saja blogspot bukan digunakan untuk membuat website dengan klasifikasi ini. Tetapi untuk digunakan sebagai platform pembuatan toko online yang sederhana, blogspot cukup bisa di andalkan.

Oke, sekarang langsung ke langkah membuat website dengan platform blogger ya. Salah satu syarat yang harus di penuhi dalam membuat website dengan platform blogger adalah email. Gunakan Gmail karena blogger merupakan salah satu layanan dari google. Login ke email anda, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk ke situs : http://www.blogger.com

3. Setelah muncul sebuah halaman, cari tulisan 'Create Blog'.
Jika sebelumnya anda sudah login melalui gmail, anda tidak perlu memasukan lagi email karena biasanya sudah terintegrasi (terhubung otomatis dengan gmail). Tapi jika di minta untuk memasukan email masukan saja email dan password anda lagi.

4. Setelah klik 'Create Blog' akan muncul sebuah halaman dimana anda di minta membuat sebuah judul blog, alamat blog dan memilih template desain website yang ingin anda gunakan. Seteleh mengisi semua, klik tulisan 'Buat blog'. Seperti pada gambar di bawah ini.


5. Sampai di sini, website/blog anda sudah jadi dan sudah bisa langsung di akses.

6. Dalam dashboard tampilannya anda bisa melihat sendiri ada kolom posting (untuk membuat postingan), Halaman (untuk membuat laman/halaman khusus), Tata Letak dan kolom setelan.

7. Untuk percobaan, buat saja contoh postingan yang ingin anda buat di website/blog anda. Caranya cari tulisan 'Entry Baru', akan muncul sebuah kolom halaman dimana anda bisa mengisi judul dan isi postingan berupa tulisan ataupun gambar. Setelah selesai, klik 'Publikasikan'.


8. Sampai disini website anda sudah memiliki 1 postingan yang baru saja anda buat dan tentunya sudah bisa di akses.

9. Pembahasan di atas merupakan pembahasan cara paling mendasar dalam memulai pembuatan website menggunakan platform blogger. Silahkan anda bisa pelajari lebih lanjut mengenai tata cara lainnya. Gunakan google sebagai salah satu sarana pencarian artikel pembelajaran anda saat membuat website. Misalnya anda ingin mengganti template, anda bisa ketikan di google "cara mengganti template di blogspot' akan banyak di temui artikel-artikel yang menjelaskan tentang apa yang anda cari.

Demikian penjelasan mengenai cara mudah membuat website dengan menggunakan blogger, jika ada pertanyaan silahkan tulis saja komentar di bawah postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

No comments:

Post a Comment

Instagram Aris Item