05 February 2018

Cara Paling Mudah Membuat Website Untuk Pemula Part 1

1. Pengertian Website 

Sebelum lebih jauh menjelaskan tentang bagaimana cara membuat website, saya akan bahas lebih dulu mengenai pengertian website. Website adalah sebuah halaman yang bisa di akses oleh siapapun melalui internet. Seperti yang halaman yang sekarang anda baca, ini merupakan bagian dari halaman blog atau website saya. Untuk memiliki sebuah website anda perlu memiliki nama domain dan hosting tempat untuk menyimpan semua data yang diperlukan dalam website anda.


Saya akan mencoba menjelaskan apa itu domain dan hosting. Agar anda mengetahui hal paling mendasar yang ada pada sebuah website. Domain adalah nama link url website anda, misalnya www.namamu.com dan atau namamu.com (tanpa awalan www). Ada 2 jenis golongan domain yaitu Free Domain (domain gratis) dan Premium Domain (domain berbayar) atau yang biasa disebut Domain TLD (Top Level Domain). Untuk mempunyai domain premium, sudah tentu anda harus membayar sewa domainnya kepada provider. Domain premium yang paling populer adalah domain dengan extention .com, .net, dan .org. Tentunya dengan menggunakan domain premium (berbayar) website anda akan terilhat lebih profesional.

Untuk Free Domain, 2 platform yang paling banyak digunakan adalah wordpress dan blogspot. 2 platform ini memang termasuk pencipta situs penyedia website/blog gratisan terbesar di dunia. Sebagai contoh, jika anda membuat website dengan menggunakan platform blogspot maka nama domain link anda  misalnya : www.namamu.blogspot.com, jika mengguakan platform wordpress maka nama domain link anda misalnya : www.namamu.wordpress.com.

Nah sekarang apa itu hosting? Hosting adalah ruang atau tempat penyimpanan dimana semua data yang ada pada website anda tersimpan. Hosting juga ada yang Free dan ada yang berbayar. Jika anda membuat website gratis dengan platform blogspot maka semua data yang tersimpan dalam website anda berada didalamnya. Berbeda dengan hosting berbayar, hosting berbayar adalah anda menyewa space atau ruang khusus untuk tempat penyimpanan data anda di perusahaan pengelola hosting, atau dalam skala lebih luas bisa saja anda mempunyai server data hosting sendiri untuk tempat penyimpanan data anda. Maksudnya server hosting sendiri adalah anda memiliki seperangkat komputer server sendiri untuk tempat penyimpanan data dimana komputer server yang anda gunakan untuk menyimpan data harus online terus. Untuk kelas punya server sendiri, tidak di sarankan bagi anda yang masih pemula hehee, jika tak mau repot ya solusinya sewa hosting atau gunakan saja hosting gratis dari blogspot. Contoh gampangnya begini, anda pasti punya facebook. Nah semua data yang ada pada facebook anda tersimpan pada server (hosting) milik facebook.

Website memiliki 2 jenis kategori yaitu website statis dan website dinamis. Website statis adalah pengelompokan untuk jenis website yang hanya berisi beberapa halaman informasi saja misalnya website company profile, website sekolah atau website tertentu lainnya, berbeda dengan website dinamis jenis website yang biasanya memiliki banyak halaman dan sering update informasi, umumnya biasanya digunakan untuk blog, media online atau website lainnya.

Website statis umumnya hanya berisi beberapa halaman misalnya halaman beranda (halaman utama), Tentang Kami, Produk atau jasa yang di tawarkan, FAQ, Galery (biasanya berisi foto agenda kegiatan) dan Kontak. Website statis sangat cocok bagi pemilik website yang tidak memiliki banyak pengetahuan tentang website karena tidak memerlukan update berkala.

Untuk website dinamis biasanya memiliki update halaman secara berkala, berkaitan dengan informasi apapun yang ingin di sajikan. Untuk memiliki website dinamis sebaiknya anda perlu sedikit belajar tentang pemahaman website, atau paling tidak anda memiliki admin khusus untuk mengelola website agar bisa update secara berkala.

Jangan dulu berfikir untuk membuat website dengan klasifikasi tertentu semisal Ebay, Amazon, OLX, Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau misalnya kaskus, tentu saja untuk membuat website besar begini butuh dukungan server handal dan dukungan tim developer yang menangani penuh. 

Ok, sampai disini mudah-mudahan anda sudah mengerti lebih jauh tentang website. Berikutnya akan saya lanjutkan dengan pembahasan bagaimana cara paling mudah membuat website gratis untuk pemula. Tunggu tulisan berikutnya ya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

No comments:

Post a Comment

Instagram Aris Item