21 October 2017

Blackmagic Pocket Cinema Camera (BMPCC) Kamera Mungilnya Filmmakers


Kemarin, tanggal 20 Oktober 2017 saya membeli kamera Blackmagic Pocket Cinema Camera atau biasa di singkat BMPCC, sekaligus membeli Camera Rig Tilta, Rig khusus yang di rancang untuk kamera BMPCC.

Kamera dengan brand Blackmagic Design memang dirancang khusus bagi para cinematography. Sesuai dengan nama kameranya  Blackmagic Pocket Cinema Camera (BMPCC) yang berukuran mungil yaitu hanya seukuran kamera poket. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan kamera mirrorless pada umumnya.

Blackmagic Design adalah salah satu produsen kamera broadcast profesional. Engga heran, saat Blackmagic mengeluarkan produk inipun harga yang dibandrol di website cukup lumayan yaitu $995 untuk produk BMPCC dan BMMCC. Dan saat ini Blackmagic Design juga mengeluarkan type kamera mungil terbaru  yang sudah mendukung resolusi 4k yaitu Blackmagic Micro Studio 4K yang dibandrol $ 1.295 di website resminya.



Kenapa saya lebih memilik BMPCC daripada BMMCC, sementara harga yang dibandrol sama. BMPCC memiliki kelebihan sudah ada LCD monitor nya, berbeda dengan BMMCC yang belum ada LCD monitornya. Yach setidaknya memilih BMPCC biar engga mikirin beli external monitor hehee..

Kembali ke BMPCC.! Jika dari dilihat dari pengaturan tombol dan fungsi menunya, BMPCC cukup simpel dan mudah dipahami. Hanya terdapat tombol seperti Iris, Focus, Menu, Power on/off dan tombol pengaturan arrow left right up down. Sangat sederhana dan simpel. Untuk mengatur option Iso, Kualitas ProRes, Raw dan option lainnya juga cukup jelas. Saya yakin bagi yang sudah sering pegang kamera, tidak akan menemui kesulitan dengan menu yang ada pada kamera BMPCC ini.

Untuk portnya sudah ada port micro HDMI, mic input, port untuk headphone dan port untuk power supply dengan daya 12V (sudah di sertakan power supply 12V dalam setiap pembeliannya) jadi selain menggunakan battery, bisa juga menggunakan colokan power supply.

Berbeda dengan kamera jenis DSLR atau Mirrorless, kamera racikan blackmagic design memang di dedikasikan bagi para videographer, jadi jelas tidak bisa digunakan untuk memotret ya. Yang asik dari kamera keluaran Blackmagic Design ini adapter lensanya menggunakan jenis mounting Micro Four Thirds (MTF) atau biasa di sebut mount M4/3 (M43), jadi bisa menggunakan lensa dari brand Panasonic (Lumix) maupun Olympus. Untuk videografer yang sudah mempunyai koleksi lensa dari panasonic atau olympus bisa langsung di tancap ke body kamera BMPCC ini. Selebihnya anda bisa menggunakan lensa lainnya dengan menggunakan adapter khusus.

Keunggulan utama dari kamera BMPCC ini yaitu Sensor yang digunakan memiliki kemampuan yang cukup impresif. Dengan dynamic range sebesar 13 stop, kemampuan mengambil lossless compressed CinemaDNG RAW dan menghasilkan gambar yang memiliki kualitas hampir sama dengan kamera film profesional Super 16. Sensor ini mampu mengambil gambar dengan resolusi 1080HD pada kecepatan 23.98, 24, 25, 29.97 atau 30 FPS.

Kelemahan paling menonjol dari BMPCC ini yaitu penggunaan daya battery yang lumayan boros. Jadi jika anda tertarik untuk membeli kamera Blackmagic Pocket Cinema Camera, persiapkan untuk membeli banyak battery cadangan. Untuk membeli Battery cadangannya, anda bisa membeli battery Nikon EN EL-20, battery ini cukup kompatibel dan bisa digunakan pada kamera BMPCC. Demikian dulu, nanti akan dilanjut dengan bahasan lainnya mengenai kamera Blackmagic Pocket Cinema Camera ini. Terima kasih telah berkunjung di blog saya. See You Again.

Instagram Aris Item