09 February 2019

Bikin Video Klip Musik Murah (LOW BUDGET) Untuk Musisi Lokal di Cirebon


Untuk mempromosikan atau menyebarluaskan sebuah karya musik, video adalah salah satu media yang tepat. Kenapa perlu di sebar luaskan, lah ngapain juga kalo kamu punya karya tapi tidak di sebarkan luaskan. Buat video klip, upload dan share video klip mu ke youtube atau medsos agar orang-orang memberikan apresiasi atas karyamu. 

Sesuai dengan judulnya 'Bikin Video Klip Musik Murah'. Murah tapi bukan murahan, kamu boleh lihat beberapa sampel video klip garapan kami terlebih dahulu, Kalau cocok silahkan lanjut teruskan baca halaman penawaran ini. Sampel Video Bisa dilihat dibawah ini. 




Apa yang menentukan mahal dan murahnya sebuah harga pembuatan video klip. Baik, akan saya jelaskan dulu ya supaya tidak ada dusta di antara kita heheee.! 

Video bisa dikenakan harga yang relatif mahal jika melibatkan banyak orang (kru) dan tim tambahan misalnya makeup artist, menggunakan banyak gear penunjang misalnya penggunaan jimmy jib / crane, drone, dan alat penunjang lainnya, belum lagi biaya untuk lokasi, akomodasi dan biaya tetek bengek lainnya. Pembuatan video dengan cara begini sudah pasti dikenakan biaya yang relatif tinggi, budgetnya bisa di angka puluhan bahkan ratusan juta. 

Video klip dengan pembuatan spesifik misalnya dengan menggunakan kamera cinema macam Red Cam, Arriealexa atau kamera broadcast cinema lainnya, itu biaya sewanya kameranya aja bisa di atas sepuluh juta per hari. Sewa kamera Red Epic / Red Scarlet biaya sewa body kameranya aja itu 8 jutaan per hari, belum sewa lensa cinema macam lensa 16mm zeis master prime, sewa lensanya aja 6 juta per hari (itu baru sewa body kamera + lensa aja lho! hehee...). Belum lagi biaya penataan lighting / pencahayaan. 

Selain biaya produksi ada lagi yang engga kalah penting yaitu konsep (berapa duit yang kamu keluarkan jika ada sutradara keren di dalamnya), belum lagi jika menggunakan peran model atau figur artist, atau menggunakan lokasi tertentu (misalnya ambil lokasi shooting di bali, asik memang kan bisa sekalian jalan-jalan hehee). Jadi, jangan heran kalo budget sebuah penggarapan video dengan klasifikasi ini bisa di bandrol dengan harga ratusan juta. 

Nah bagaimana dengan membuat video klip Musik dengan cara kreatif yang sederhana tapi bagus bahkan berkesan mahal dengan biaya yang relatif sangat murah. Maauu? 

Ya, saya membuat tulisan dan penawaran inipun dengan mempertimbangkan segala aspek, termasuk reputasi dan karier saya dibidang videography yang sudah saya geluti sejak lama. Teman-teman se-profesi sering menyarankan, jangan kasih harga terlalu murah lah bro nanti kamu akan di cap murahan', begitu saran mereka. Dan sayapun tetep mendengar saran baik kawan-kawan. 

Setelah mempertimbangkan banyak aspek (sisi positif plus sisi negatifnya), saya membuat posting penawaran yang isinya adalah penawaran pembuatan video klip low budget (MURAH) dengan harga yang wajar dan menurut saya relatif sangat murah dan terjangkau oleh semua kalangan musisi, dalam hal ini kawan-kawan musisi lokal di Cirebon. 

Pengertian Video Klip Murah (Low Budget) yang saya tawarkan adalah proses pembuatan video klip yang bisa menekan banyak pengeluaran dan menghemat uang kamu. Dengan memaksimalkan 1 kamera tanpa menggunakan jimmy jib/crane, pilot drone, untuk makeup nya kamu bisa lakukan sendiri atau bisa saja kamu pakai jasa makeup artist atau makeup salon (jika perlu). Biasanya dalam hal ini saya berperan banyak, sebagai sutradara sekaligus cameraman dan video editornya. 

Untuk konsep visualnya, jangan maksa ya, sederhana aja. Simpel tapi keren, misalnya adegan musikal, untuk adegan teatricalnya kamu bisa cari sendiri mau yang bagaimana. Artinya saya tidak memikirkan konsep teatrical yang spesifik, adapun jika kemudian saya menemukan sebuah ide teatrical yang bagus saat proses shooting itu biasanya improve saja. 

Untuk komposisi band yang memerlukan area khusus, banyak tempat alternatif yang bisa dipake buat lokasi shooting, bisa gedung, kebun, area sekolah, halaman rumah dan lain-lain. Mengenai property atau alat yang digunakan, harga yang saya tawarkan dalam penawaran ini tidak termasuk harga property (alat band dan sound system). 

Untuk lebih menghemat biaya, saran saya pilih waktu siang hari agar bisa menekan biaya lighting. Untuk masalah lighting, perlu juga teman-teman untuk mempertimbangkan teknis pencahayaan dan memilih area mana yang cocok agar bisa menunjang proses shooting. Kalau mau lebih simpel, saya punya area indoor minimalis (di dalam studio), sudah ada lampu-lampu dan instrumen musik. Bisa lebih hemat. Tetapi kalau mau lebih eksplore saya lebih menyarankan untuk membuat video klip di outdoor (diluar ruangan). 

Berapa biaya bikin Video Klip LOW BUDGET (Murah) ???? 

Biaya yang saya tawarkan untuk sebuah pembuatan video klip yang kreatif, sederhana, murah tapi bagus, yaitu 1 juta rupiah. untuk area shooting yang di luar jangkauan, perlu dibicarakan lagi mengenai transportasi dan akomodasinya. 

Jika masih di rasa berat, saya tawarkan untuk membuat video klip didalam ruangan (Indoor studio) dengan biaya setengahnya. Kalo masih merasa mahal dan belum punya duit , kamu bisa bantu infokan ke teman-teman yg lain. Jika kamu bisa mereferensikan teman-temanmu dan mengajak 5 teman mu untuk bikin video klip, saya bersedia membantu pembuatan video klip kamu sebagai penghargaan atas usaha kamu. 

Tapi kalo cuma bilang mahal mahalnya doang, engga ngasih referensi pula, saya bisa menaksir level dan kualitas kamu hehehe... silahkan left atau out dari halaman ini ya. 

Kecuali, jika kamu adalah seorang musisi dengan potensi yang luar biasa atau saya tertarik dengan konsep dan cara kamu bermain musik, saya masih punya penawaran untuk menjadi kontributor artist studio. Info detailnya silahkan klik halaman ini

Sekedar info, biasanya saya membuat video klip dengan konsep sederhana membutuhkan waktu sekitar 2-7 hari dengan rincian pekerjaan sebagai berikut : 

1. Proses Shooting di lokasi sekitar 3-6 jam. Tidak menghitung jarak perjalanan dari tempat kami ke lokasi shooting. Biasanya saya di temani seorang asisten untuk membantu pekerjaan saya. 

2. Proses Editing. Untuk proses video editing, waktu pengerjaannya relatif, bisa di kerjakan cepat 1-2 hari atau bahkan bisa membutuhkan waktu sampai 7 hari atau mungkin bisa lebih lama. Iya, karena saya juga punya jadwal dan rutinitas di studio. Biasanya saya ngedit video malam hari. Umumnya editor kebanyakan lebih menyukai bekerja di malam hari. 

Kamu bisa lihat gear atau alat yang biasa saya gunakan dalam pembuatan video klip di halaman rekomendasi. Silahkan Klik disini

Jika berminat dengan penawaran pembuatan video klip murah ini silahkan kontak saya melalui WHATSAPP : 0857-9707-5546 (Whatsap Only). Atau bagi rekan-rekan musisi yang ingin membuat video klip dengan konsep yang lebih spesifik, saya siap di ajak diskusi dan bekerjasama. Terima kasih telah memberikan apresiasi. 

Bagi rekan-rekan yang ingin membuat VIDEO RECORDING COVER yang berkualitas, silahkan KLIK INI.

No comments:

Post a Comment

Instagram Aris Item